Jasa Pengurusan Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) Jakarta

Jasa Pengurusan Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) Jakarta

Jasa pengurusan surat keterangan domisili usaha (SKDU) Jakarta, dapat dibuat dengan proses yang cepat, tidak perlu datang langsung ke alamat. Biaya pengurusan murah bisa dinegoisasikan. Pembuatan SKDU sebagai syarat dan bukti bahwa kantor atau tempat usaha miliki sendiri. Wajib dimiliki untuk semua masyarakat yang bergerak di perusahaan baik untuk usaha kecil, usaha menengah ataupun usaha besar khususnya UKM.

Surat keterangan domisili usaha (SKDU) atau biasanya dikenal dengan Surat Keterangan Tempat Usaha (SKTU) disebut juga dengan Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP). Surat ini merupakan bukti sah dari keberadaan suatu usaha ataupun perusahaan. Surat tersebut dikeluarkan oleh pemerintah tempat usaha / perusahaan berkedudukan, yang biasanya oleh pihak kelurahan atau kecamatan.

Selain sebagai bukti sah, pentingnya kepemilikan SKDU ini salah satunya adalah untuk memenuhi syarat administrasi dalam pengajuan perizinan usaha. Seperti SIUP, tanda daftar perusahaan, NPWP, termasuk juga untuk pengajuan beberapa jenis kegiatan usaha. SKDU juga diperlukan untuk pembuatan nomor PIRT (Produksi Pangan Industri Rumah), label halal MUI, pengajuan sertifikasi SNI, dan surat lain yang berkaitan dengan usaha Anda.

Untuk memperoleh SKDU/SKTU/SKDP tersebut, diperlukan beberapa dokumen seperti :

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik usaha (asli dan fotokopi)
  • Kartu Keluarga (KK) pemilik (asli dan fotokopi)
  • Surat kepemilikan tanah
  • Surat bukti sewa tempat usaha (jika menyewa tempat)
  • Surat kesediaan masyarakat sekitar atas berdirinya usaha tersebut
  • Surat kuasa (jika Anda diberi kuasa oleh pemilik usaha)
  • Surat pengantar dari RT atau RW
  • Dan dokumen-dokumen lain yang diperlukan atau disyaratkan.

Apabila syarat tersebut sudah terpenuhi, langkah selanjutnya adalah melakukan beberapa prosedur. Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk pengurusan SKDU sebagai berikut :

  • Membuat surat pengantar pada ketua RT yang menyatakan bahwa tempat usaha tersebut benar berada di lingkungan RT. Surat pengantar ini ditanda tangani oleh ketua RT dan RW.
  • Menyerahkan surat pengantar dari RT beserta dokumen yang diperlukan tersebut ke petugas kelurahan.
  • Selanjutnya meminta formulir permohonan SKDU/ SKDP ke petugas Kelurahan dan mengisinya dengan benar (jujur) dan lengkap.
  • Menyerahkan formulir ke petugas Kelurahan dan SKDU/ SKDP untuk usaha Anda akan segera dibuatkan. Waktu pengerjaan biasanya satu hari hingga satu minggu lamanya.
  • Jika SKDU/ SKDPP harus diteruskan ke tingkat Kecamatan, maka Anda dapat mengambil SKDU/ SKDP tersebut di Kecamatan untuk kemudian ditandatangani dan dicap stempel oleh Camat.

Biaya Pembuatan SKDU

Biaya pembuatan SKDU mulai dari Rp.50.000 hingga jutaan tergantung dengan proses negoisasi yang dilakukan. Namun jika Anda menemukan jasa pengurusan surat keterangan domisili usaha (SKDU) yang tepat, biaya yang didapatkan tentu saja lebih murah. Seperti Kami PT.Adhikari Kreasi Mandiri perusahaan jasa pengurusan dokumen terpercaya Jakarta. Kami sudah banyak menangani pengurusan SKDU dengan pelayanan terbaik.

Jika Anda tidak ingin ribet, tidak ingin repot namun perlu untuk mengurus SKDU dengan cepat segera konsultasikan pada Kami. Kami jasa pengurusan surat keterangan domisili usaha  terpercaya siap bantu Anda yang butuh layanan Kami, kapanpun Anda membutuhkannya. Informasi lebih lanjut hubungi Kami sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *