Mengenal Jenis-Jenis SBU Secara Lengkap

Mengenal Jenis-Jenis SBU Secara Lengkap

Anda bingung akan mengurus sertifikat badan usaha tapi bingung jenis bidang yang pas dengan usaha Anda? Anda tidak perlu bingung, karena Kami akan bantu Anda memberitahukan jenis-jenis SBU secara lengkap yang bisa untuk Anda ketahui. Dengan tujuan agar Anda bisa dengan mudah mengurus jenis SBU yang sesuai dengan bidang usaha Anda.

Langsung saja, pada dasarnya untuk jenis sertifikat badan usaha ini terdiri dari beberapa jenis yang tentunya telah terakreditasi KADIN atau LPJK.

Subkualifikasi Sertifikat Badan Usaha

Kualifikasi Sertifikat Badan Usaha

  • Jasa Pelaksana Konstruksi

Meliputi klasifikasi bangunan gedung, bangunan sipil, instalasi mekanikal dan elektrikal serta jasa pelakasana lainnya untuk Kontraktor.

Pembuatan SBU jasa pelaksana konstruksi tertera di dalam Peraturan LPJKN Nomor 10 Tahun 2014 tentang Perubahan kedua atas peraturan LPJKN Nomor 10 Tahun 2013. Dalam dasar hukum ini mengatur tentang Registrasi Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi.

  • Jasa Perencana dan Pengawas Konstruksi

Meliputi klasifikasi perencanaan arsitektur, perencanaan rekayasa, perencanaan tata ruang, pengawasan arsitektur, pengawasan rekayasa (engineering). Juga termasuk  pengawasan penataan ruang, konsultasi spesialis, dan jasa konsultasi lainnya untuk Konsultan.

Sbu jasa perencana dan pengawas konstruksi tertera di dalam Peraturan LPJKN Nomor 2 Tahun 2015 tentang Perubahan Pertama atas Peraturan LPJKN Nomor 11 Tahun 2013. Yaitu tentang Registrasi Usaha Jasa Perencanaan dan Pengawas Konstruksi.

  • Jasa Konstruksi Terintegasi

Hal ini meliputi klasifikasi jasa terintegrasi untuk infrastruktur transportasi, jasa terintegrasi untuk konstruksi penyaluran air dan pekerjaan sanitasi. Juga jasa terintegrasi untuk konstruksi manufaktur, dan jasa terintegrasi untuk konstruksi fasilitas minyak dan gas.

Dasar hukum tentang jasa konstruksi terintegrasi termuat dalam Peraturan LPJKN Nomor 3 Tahun 2015. Yaitu  tentang Perubahan Pertama atas Peraturan LPJKN Nomor 5 Tahun 2014 tentang Registrasi Usaha Jasa Konstruksi.

Itulah jenis-jenis sertifikat badan usaha, pada dasarnya semua sertifikat badan usaha tersebut sama, begitupun untuk syaratnya. Namun ketiganya dibedakan berdasarkan jenis bidang usahanya saja. Anda bisa sesuaikan bidang usaha yang saat ini Anda jalani.  Jika Anda bingung, Anda tidak perlu khawatir karena Kami CV.Adhikari Kreasi Mandiri akan bantu Anda dari mulai proses pembuatan hingga selesai. Konsultasikan saja pada Kami unuk pembuatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.