Begini Tips dan Cara Mudah Urus Sertifikat

Memiliki usaha bidang konstruksi, maka wajib bagi seseorang untuk mengetahui beberapa cara mudah urus sertifikat keahlian (SKA) Konstruksi LPJKN. Karena untuk mengurus SKA itu sendiri tidaklah semudah mengurus dokumen lain. Ada begitu banyak hal yang perlu diperhatikan dan juga dilakukan untuk segera mendapatkan sertifikat yang dibutuhkan tersebut.

Sebelum mengurus SKA, Anda sendiri juga harus tahu mengenai SKA. Mulai dari pengertian SKA, lembaga yang mengeluarkan SKA, dan lain-lain. Dengan mengetahui SKA lebih jauh tentunya Anda akan lebih mudah untuk mengurus dan memperpanjangnya.

Lalu apa itu SKA?

SKA itu sendiri merupakan sertifikat yang digunakan sebagai tanda yang diberikan oleh LPJK kepada tenaga ahli konstruksi dimana mereka telah memenuhi persyaratan kompetensi yang didasarkan pada disiplin keilmuan, keahlian, maupun kefungsian tertentu. Hal ini penting untuk keberlangsungan perusahaan konstruksi Anda.

Lalu Bagaimana Cara Mudah Mengurus SKA?

Bagi Anda yang ingin mengurus SKA, Cara mudah untuk dapat urus sertifikat keahlian (SKA) Konstruksi LPJKN agar sertifikatnya segera keluar adalah dengan melengkapi seluruh persyaratan yang diminta oleh pihak kantor LPJKN. Apabila Anda dapat denga cepat melengkapi semua persyaratan, maka pengajuan Anda pun akan segera ditangani. Nah untuk waktu penanganannya sendiri memakan sekitar 7 hari kerja. Pastinya waktu pengurusan SKA itu sendiri tidak terlalu lama dibanding SBU.

Namun perlu diketahui, dokumen yang menjadi persyaratan tersebut memang tergolong cukup banyak. Tapi, bukan berarti sulit untuk dipenuhi. Anda hanya perlu mengisi formulir yang disediakan dengan memberikan fotokopi KTP, ijazah pendidikan yang dilegalisir, fotokopi NPWP. Lalu Anda perlu memberikan surat pernyataan kebenaran dokumen, daftar riwayat hidup yang minimal mengandung pengalaman kerja 3 tahun, dan lain-lain.

Pada dasarnya persayaratan pengajuan SKA ini disesuaikan dengan golongan yang terdapat pada SKA, yakni ahli muda, ahli madya, dan juga ska ahli utama. Namun demikian meskipun tingkatannya berbeda, persyaratan yang dibutuhkan tidak terlalu memiliki banyak perbedaan. Karena yang jelas, Anda harus mengisi formulir selengkap mungkin dan juga melengkapi persyaratan umum lainnya agar cepat diproses SKA yang dibutuhkan.

Pendaftaran Penerbitan SKA Melalui Online

Nah tips mudah urus sertifikat keahlian (SKA) Konstruksi LPJKN yang berikutnya adalah melalui online. Hal ini seperti yang telah diketahui bahwa teknologi yang semakin maju, maka segala hal dapat dilakukan secara online. Termasuk untuk pengajuan penerbitan SKA untuk perusahaan konstruksi tersebut. Dengan adanya layanan online ini, maka pastinya Anda tidak perlu repot-repot datang ke kantor dan memberikan segala dokumen persyaratan yang diminta oleh LPJKN.

Bagaimana Untuk Mengurus SKA Secara Online?

Untuk mengurus SKA secara online Anda bisa lakukan cara berikut :

  1. Mengunjungi situs resmi LPJKN,
  2. Klik pilihan untuk pembuatan SKA.
  3. Lalu mengisi formulir yang disediakan secara online,
  4. Kirimkan beberapa scan dokumen yang diperlukan melalui e-mail.
  5. Kemudian, Anda akan mendapatkan e-mail balasan dari pihak LPJKN yang memberitahukan SKA Anda akan segera diproses.
  6. Ketika sudah jadi, Anda akan kembali menerima e-mail.

Ketika dokumen SKA anda sudah jadi, anda akan menerima e-mail resmi dari LPJKN yang mengirimkan scan SKA yang sudah terdaftar.

Tips mudah urus sertifikat keahlian (SKA) Konstruksi LPJKN yang selanjutnya adalah Anda bisa mengecek di situs resminya apakah data yang tercantum sudah sesuai atau belum. Jika sudah, Anda bisa memberikan konfirmasi kepada pihak LPJKN yang kemudian dokumen aslinya akan dikirimkan melalui pos langsung kepada Anda sendiri. Jika Anda sendiri tidak mampu melakukannya sendiri karena keterbatasan waktu,  maka Anda bisa dengan menggunakan layanan biro jasa pengurusan sertifikat keahlian dari Kami. Kami siap melayani Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.