Izin Usaha Industri Persyaratan dan Alur Pengurusannya

Apakah Anda pebisnis baru yang ingin mengembangkan usaha di bidang industri pabrik, manufaktur produksi dan sejenisnya? Jika iya, maka informasi Izin Usaha Industri ini cukup relevan untuk dibaca.

Untuk meningkatkan pemahaman pelaku bisnis mengenai legalitas usaha, kami akan menjelaskan ringkasan semua yang berkaitan dengan IUI (Izin Usaha Industri) definisi, landasan hukum, dan prosedur pengurusannya.

Apa Itu Izin Usaha Industri (IUI)?

Izin Usaha industri adalah izin operasional untuk melakukan kegiatan industri yang mengolah bahan baku menjadi suatu produk dengan komposisi dan spesifikasi baru.

IUI diberikan kepada setiap pemilik bisnis atau badan usaha di bidang perindustrian bisa berupa tekstil, produksi makanan, otomotif, dan lain sebagainya. Saat diterbitkannya tulisan ini IUI masih berlaku di Indonesia untuk skala usaha menengah maupun besar.

Dasar hukum

Berikutnya pemilik bisnis wajib memahami dasar hukum dari pengurusan IUI. Berdasarkan ketentuan yang berlaku, IUI mengacu pada undang-undang dan peraturan pemerintah:

  1. Undang-undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 107 Tahun 2015 tentang Izin Usaha Industri (IUI)
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronika dalam Penerbitan Izin Usaha Industri (IUI) dan Izin Perluasan
  4. Permenperin Nomor 15 Tahun 2019 tentang penerbitan izin usaha industri dan izin perluasan dalam kerangka pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik

Bagaimana Prosedur Pengurusan Izin Usaha Industri?

Ketentuan pengurusan IUI sempat mengalami perubahan di 2019 – sekarang. Beberapa langkah yang nantinya akan Anda lalui untuk memperoleh IUI antara lain sebagai berikut:

izin usaha industri oss

1. Mendapatkan Surat Rekomendasi

Secara umum, pertama Anda perlu menghubungi DPMPTSP daerah setempat untuk memperoleh surat rekomendasi. Ada kemungkinan sebagai pemohon Anda akan diminta untuk mengisi formulir tertentu sesuai kebijakan yang ada.

2. Diproses Sesuai dengan Persyaratan

Pemohon perlu melengkapi terlebih dahulu persyaratan utama untuk mengurus IUI. Sejumlah dokumen yang bisa Anda siapkan yaitu:

  • Mengisi formulir permohonan
  • KTP direksi dan dewan komisaris (fotokopi)
  • Fotokopi NPWP
  • Akta Pendirian Perusahaan
  • IMB/PBG
  • Izin lokasi/PKKPR
  • Izin lingkungan

Untuk permohonan IUI baru biasanya memang lebih kompleks persyaratannya. Berkas harus dipastikan lengkap dulu sebelum mengajukannya ke DPMPTSP, tujuannya agar tidak bolak-balik melengkapi persyaratan.

3. Tinjauan Lapangan Survey

Kegiatan industri skala menengah hingga besar seringkali memberikan dampak baik dari segi tata letak tempat, persoalan lingkungan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dari pihak daerah setempat akan melakukan survey terlebih dahulu untuk memastikan pemohon yang bersangkutan telah memenuhi persyaratan baik itu legalitas dasar dan sebagainya.

4.Proses Penyelesaian

Pengurusan IUI membutuhkan waktu sekitar 5 hari kerja, bisa lebih lama tergantung banyak faktor. Setelah semua proses selesai,maka IUI akan terbit dan berlaku aktif dengan masa berlaku 3 tahun seterusnya dapat Anda perpanjang sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai catatan, alur pengurusan IUI bisa saja berubah menyesuaikan dengan kemajuan birokrasi di Indonesia. Anda bisa juga mempelajari fungsi dan kegunaan SIINAS (Sistem Informasi Industri Nasional). Sistem terintegrasi ini disebut bisa juga digunakan untuk melakukan verifikasi teknis IUI.

Manfaat Izin Usaha Industri

Dengan mengurus IUI maka perusahaan Anda telah memenuhi ketentuan perundang-undangan. Manfaatnya tentu bagus untuk berbagai pihak, antara pemilik usaha dan pemerintah sama-sama untung.

Manfaat IUI bagi pemilik usaha:

  • Meningkatkan kredibilitas usaha industri untuk bekerjasama dengan mitra bisnis, vendor, dan sebagainya
  • Membuat operasional usaha semakin lancar minim kendala di perizinan
  • Menyatakan bahwa perusahaan mampu memenuhi ketentuan perundang-undangan

Manfaat IUI untuk pemerintah daerah:

  • Memudahkan pemerintah untuk memastikan industri yang berdiri sudah sesuai ketentuan
  • Menciptakan iklim usaha yang tertib atas kepatuhan terhadap legalitas perindustrian
  • Mempermudah pembinaan dan kemudahan bagi industri kecil dan menengah
  • Mencatat sumber pendapatan daerah terdata dengan jelas

Jasa Pengurusan Izin Usaha Industri

Apakah Anda mengalami kendala dalam pengurusan IUI? Tidak ada salahnya untuk menggunakan bantuan tenaga profesional untuk mempermudah setiap prosesnya. Kemudahan yang Anda dapatkan dengan memakai jasa profesional memastikan persyaratan lengkap, proses yang lebih cepat dan mudah.

PT Adhikari Kreasi Mandiri terus berkomitmen untuk mendukung kemudahan dan kemajuan usaha di Indonesia. Kami memberikan solusi yang Anda cari, hubungi kami dan dapatkan jawaban untuk mengurus izin usaha industri dan legalitas lainnya bersama konsultan profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *