Jasa Pengurusan Sertifikat Standar OSS RBA Terpercaya

Sejak diberlakukannya OSS RBA banyak istilah baru yang muncul dan membuat pelaku usaha agak pusing. Sertifikat Standar (SS) sudahkah Anda mengerti fungsi  dokumen yang satu ini? Anda bisa menggunakan jasa pengurusan Sertifikat Standar atau mengurusnya secara manual dengan mengakses sistem OSS. Sebelum menjelaskan lebih lanjut mengenai cara mendapatkan sertifikat ini ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu definisinya.

Apa Itu Sertifikat Standar?

Sertifikat Standar (SS) adalah dokumen legalitas yang mempunyai fungsi sebagai syarat menjalankan kegiatan usaha baik itu Mikro, Kecil, atau Besar. Sertifikat ini dapat diurus melalui portal website terpadu oss.go.id oleh setiap masyarakat indonesia yang hendak mendirikan usaha.

Adapun untuk jumlah sertifikatnya adalah 1 lembar, di dalamnya berisi sejumlah poin penting mengenai:

  • Nama pelaku usaha
  • NIB (Nomor Induk Berusaha)
  • Alamat kantor
  • No. telepon
  • Kode KBLI (tercantum dalam lampiran)
  • Skala usaha
  • Waktu cetak sertifikat standar
  • Tanda tangan kementerian BPKM (secara elektronik)

Fungsi Sertifikat Standar yang Wajib Diketahui Oleh Pelaku Usaha!

Sertifikat Standar memegang peranan yang sangat penting dalam menjalankan roda usaha. Fungsi dari Sertifikat Standar adalah sebagai pengesahan, pembuktian bahwa pelaku usaha telah memenuhi persyaratan yang terdapat di dalam pasal 1 angka 13 PP 5/2021.

Penggunaanya lebih dikhususkan untuk pelaku usaha skala mikro ke atas, usaha rumahan dan bisnis yang sederhana tidak memerlukan sertifikat ini untuk bisa menjalankan usahanya.

Baca juga : Perhatikan Hal Berikut Sebelum Menggunakan Layanan OSS RBA

Di dalam Sertifikat Standar juga memperjelas bahwa NIB yang telah diberikan kepada pelaku usaha dapat berfungsi sebagai API-P, dan SJPH (Sertifikasi Jaminan Produk Halal).

Cara Mengurus Sertifikat Standar Secara Mandiri

Ada keniatan untuk mengurus Sertifikat Standar sendiri? Anda bisa mencobanya dengan mengikuti arahan berikut.

1. Pertama silahkan, Buka laman oss.go.id

2. Kemudian, isi nama pengguna dan password akun OSS Anda

3. Selanjutnya, arahkan ke bagian izin usaha. Nantinya akan muncul data-data yang perlu disi informasi berkaitan dengan bidang usaha, kode KBLI, dan lain sebagainya

4. Lanjut, setelah semua data sudah terisi maka silahkan klik pada bagian “submit”

5. Kemudian, tunggu beberapa saat sistem oss akan menerbitkan Sertifikat Standar yang Anda butuhkan, sertifikat yang keluar belum bisa digunakan karena masih dalam status belum terverifikasi

Lantas bagaimana cara melakukan verifikasi sertifikat standar supaya bisa dipakai? Tentunya Anda perlu melakukan tahapan lanjut berikut penjelasannya:

  1. Pertama, mengajukan permohonan verifikasi sertifikat standar melalui OSS
  2. Lalu, akan muncul notifikasi pemenuhan persyaratan sertifikat standar
  3. Selanjutnya, OSS akan mengirimkan pemberitahuan permohonan kepada OPD, lengkap dengan syarat yang harus dipenuhi
  4. Setelah itu, tahap verifikasi pemenuhan oleh OPD
  5. Dilanjutkan dengan, Pembayaran Pembayaran Negara Bukan Pajak (PNBP)
  6. Sistem OSS akan mengirimkan tagihan PNBP
  7. Adanya persetujuan sertifikat standar yang dilakukan oleh unit pengelola hak akses
  8. Memperoleh pemberitahuan dari unit pengelola
  9. OSS akan memberitahukan notifikasi untuk pengaktifan sertifikat standar

Ingin Lebih Mudah? Pakai Jasa Pengurusan Sertifikat Standar!

Meskipun OSS dapat diakses oleh siapa saja namun prosedur pengurusannya masih terbilang rumit bagi pelaku usaha yang memang tidak terbiasa mengurus legalitas secara online.

Sebagai solusi alternatifnya Anda bisa menggunakan jasa pembuatan sertifikat standar dari konsultan Kreasimandiri.

Kemudahan pengurusan izin dibutuhkan oleh semua orang, mengelola bisnis sudah cukup membuat pusing jangan sampai ditambah-tambah dengan prosedur seperti di atas.

Kami menawarkan menyediakan layanan pengurusan oss rba salah satunya adalah  jasa pengurusan sertifikat standar, sistemnya nanti tinggal terima beres dokumen sertifikatnya sudah sekalian di verifikasi juga.

Tidak perlu repot-repot melakukan tahapan di atas, biarkan kami yang membantu Anda. Namun, mengingat ini adalah sebuah layanan jadi tentunya dan sedikit biaya yang perlu dikeluarkan.

Sudah jangan dikhawatirkan masalah tersebut, kami memberikan biaya yang kompetitif dan tetap ramah di kantong pemilik usaha.

Kenapa Menggunakan Bantuan Profesional Untuk Mengurus Sertifikat Standar?

Karena dengan menggunakan layanan dari konsultan berpengalaman maka prosesnya jauh lebih cepat, cenderung minim kegagalan karena mereka sudah terbiasa mengurus data-data dan perizinan usaha. Selain sertifikat standar, kami juga melayani jasa pengurusan NIB Jakarta. Apabila ada kendala maka bisa segera diurus, sehingga semua persoalan dapat terselesaikan dengan baik sertifikat standar bisa diverifikasi dan langsung Anda gunakan untuk kepentingan usaha.

Sebagian besar pemilik usaha di perkotaan banyak yang menggunakan jasa pengurusan sertifikat standar karena mereka sibuk dan tidak punya waktu mengurus legalitas ini sendiri.

Nah, jadi apabila Anda mengalami permasalahan yang sama silahkan konsultasi dengan tim Kreasimandiri, kami dengan senang hati akan membantu Anda untuk memproses permohonan sertifikat standar. Apabila ada pertanyaan atau ingin berkonsultasi dengan tim kami maka silahkan hubungi via Whatsapp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *