Sebelum Mengurus SIUJK, Perhatikan Syarat-Syarat Dan Prosedur Pengurusannya

Sebelum Mengurus SIUJK, Perhatikan Syarat-Syarat Dan Prosedur Pengurusannya

Mengurus surat ijin usaha jasa konstruksi melalui jasa pengurusan SIUJK memberikan kemudahan kepada perusahaan yang tidak memiliki banyak waktu untuk pengurusannya. Meskipun demikian, bagi Anda perusahaan yang berencana untuk mengurus SIUJK ini, Anda perlu mengetahui bahwa pengurusan SIUJK bisa dilakukan secara online. Selain itu, Anda juga perlu tahu berbagai syarat pengurusan SIUK yang terbaru untuk mendapatkan SIUJK lebiy cepat.

Mengurus Surat Ijin Usaha Jasa Konstruksi Agar Lebih Cepat

Sebelum mengurus SIUJK, seperti yang telah Kami sebutkan diatas, sebuah perusahaan yang akan mengurus SIUJK ini, Anda perlu mengetahui syaratnya. Namun Anda perlu ketahui terlebih dahulu mengenai pentingnya kepemilikan SIUJK ini. Pada intinya, SIUJK adalah surat ijin dan jika Anda memilikinya Anda bisa  melakukan berbagai macam kegiatan usaha entah itu perencana konstruksi maupun konsultan. Juga melakukan pengawas konstruksi, pelaksana konstruksi atau kontraktor dan sebagainya yang berhubungan dengan konstruksi.

Jadi tidak semua bidang usaha memerlukan surat ijin ini, melainkan hanya untuk perusahaan yang bergerak di bidang sipil, telekomunikasi, konsultan, mekanikal, tata lingkungan, arsitektur dan sebagainya yang mirip dengan itu.

Kendati begitu banyak perusahaan bidang usaha yang memerlukan SIUJK, namun tentu tidak semua perusahaan bisa mengurusnya. Perusahaan harus mampu untuk memenangkan waktu pelelangan di babak pertama bahkan juga harus lulus dalam administrasi di dalam perusahaan yang bersertifikat dan juga tercantum di dalam LPJK. Dapat disimpulkan mengurus ijin ini lebih rumit dibandingkan mengurus ijin usaha lainnya.

Syarat Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Mengurus Surat Ijin Usaha Jasa Konstruksi?

Cara mendapatkan SIUJK maka Anda perlu mengunjungi kantor LPJK setempat. Jika melakukannya via online Anda bisa langsung mengunjungi website LPJK resmi yang terdapat di dalam wilayah domisili Anda. Baik pengurusan secara online maupun offline, Anda perlu mempersiapkan syaratnya terlebih dahulu. Jika Anda datang ke kantor LPJK Anda bisa membawa persyaratan dan jika via online Anda hanya perlu mengisi apa yang penting di dalam kolom namun ada inti syarat yang harus dimiliki.

Nah adapun untuk syarat mengurus SIUJK yang Anda harus penuhi adalah sebagai berikut :

  1. Anda harus memiliki sertifikat lisensi yang membuktikan bahwa Anda merupakan tenaga ahli dalam konstruksi.
  2. Anda harus mempunyai SBU atau Sertifikasi Badan Usaha. Selain itu, syarat yang lebih lengkap lagi diantarannya adalah:
  • SBU atau Sertifikat Badan usaha yang asli
  • KTA asosiasi yang asli
  • SKA atau sertifikat tenaga ahli yang asli. Fotokopi TDP perusahaan
  • SIUP (fotokopi)
  • NPWP Perusahaan (fotokopi)
  • Domisili usaha (fotokopi)
  • Akta notaris (fotokopi)
  • KTP para direktur yang terkait (fotokopi)
  • Surat domisili usaha (fotokopi)
  1. Tentukan besarnya proyek yang nantinya akan Anda lakukan, apakah termasuk proyek kecil, proyek menengah maupun proyek dengan skala besar. Adapun untuk proyek kecil adalah dibawah Rp 500 juta, atau skala menenangah yang berkisar antara Rp 500 juta sampai Rp 10 miliar atau proyek dengan skala yang besar bernilai diatas Rp 10 miliar.

Setelah ketiga syarat tersebut terpenuhi dan Anda bisa menyelesaikannya dengan datang langsung ke kantor LPJK, selanjutnya kantor LPJK pun akan melakukan kualifikasi pada perusahaan Anda dan memasukkan kategori. Untuk K1 adalah proyek yang kecil 1, K2 untuk proyek yang kecil 3, K3 untuk proyek kecil 3, dan sebagainya hingga yang besar sebelum akhirnya mengurus yang lainnya.

Layanan Pengursan SIUJK Untuk Perusahaan

Untuk Anda yang tidak sempat untuk mengurus SIUJK sendiri, Anda tak perlu bingung karena Anda bisa menggunakan jasa pengurusan SIUJK. Solusinya adalah dengan mempercayakannya kepada Kami. Anda cukup mempersiapkan syarat dokumen yang diperlukan untuk pengurusan SIUJK dan biaya SIUJK yang diperlukan. Anda cukup dengan mengkonsultasikannya kepada Kami untuk dapatkan informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.