Perubahan akta perusahaan bisa terjadi karena banyak hal. Anda mungkin ingin mengganti nama, lokasi kantor, hingga modal usaha.
Tidak semudah yang dibayangkan, untuk melakukannya Anda perlu mendatangi notaris terdekat, karena hanya pihak notaris yang diperbolehkan untuk memproses pengubahan data tersebut.
Namun, zaman semakin maju sudah mulai banyak alternatif layanan jasa perubahan akta perusahaan dari pihak ketiga.
Asalkan Anda memilih konsultan yang sudah terpercaya, tentunya ini bisa mempermudah urusan semuanya menjadi lebih mudah, cepat, dan aman.
Sebagai salah satu penyedia layanan legalitas, Kreasi Mandiri sekarang dapat membantu Anda untuk mengatasi persoalan tersebut.
Kami akan menggantikan Anda untuk memproses data perubahan akta perusahaan langsung dari notaris.
Benefit yang Anda peroleh dengan menggunakan layanan ini, antara lain:
- Tidak perlu pusing memikirkan prosedur dan tahapan perubahan akta
- Cukup membayar biaya jasa, maka Anda tinggal terma beres dokumennya
- Lebih aman karena konsultan sudah berpengalaman di bidang legalitas
- Bisa menjadi solusi ketika Anda sibuk dan banyak hal yang harus diurus
Apa Saja Data PT yang Bisa Diubah?
Penjelasan mengenai data yang bisa diubah pada perusahaan PT telah diatur dalam Permenkumham 21/2021. Berikut data yang dimaksud dalam peraturan tersebut:
- Perubahan nama pemegang saham
- Perubahan alamat lengkap PT
- Berakhirnya status badan hukum PT
- Perubahan susunan nama dan jabatan direksi/dewan komisaris
- Perubahan susunan pemegang saham
Beberapa informasi lainnya juga mencakup pembubaran PT, penggabungan dan pemisahan tanpa disertai perubahan modal dasar, dan lain sebagainya.
Baca juga: Jasa Pendirian PT Perorangan Biaya Murah dan Terjangkau
Syarat Untuk Perubahan Akta Perusahaan, Catat!
Apabila Anda berniat untuk melakukan perubahan akta perusahaan, maka pastikan untuk memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.
Hal ini juga akan mempengaruhi seberapa lancar proses pengurusan akta perubahan saat diterima oleh notaris.
Berikut beberapa dokumen yang perlu disiapkan:
- Akta dan SK Pendirian
- NPWP PT
- Data direktur (KTP, NPWP, No.HP, dan email
- Agenda perubahan
Catatan: syarat dokumen untuk perubahan akta perusahaan bisa berbeda-beda, hal ini disesuaikan dengan perubahan data yang diinginkan oleh pemohon.
Sekilas Prosedur Perubahan Akta Perusahaan
Sebagai gambaran awal bagi pemilik badan usaha, mungkin Anda ingin mengetahui sebenarnya alur perubahan akta perusahaan itu seperti apa.
Dengan demikan nantinya bisa diputuskan apakah ingin mengurus sendiri atau menggunakan jasa perubahan akta, saja. Berikut ini rangkuman yang sudah kami siapkan sebagai penjelasan mengenai alur perubahan.
1. Penetapan RUPS dan Pemberitahuan Ke Menteri
Perlu Anda ketahui, apabila badan usaha ingin melakukan perubahan nama pemegang saham dan perubahan alamat PT maka data PT waib ditetapkan dahulu melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).
Untuk selanjutnya dinyatakan dalam akta notaris dengan menggunakan bahasa Indonesia.
Selain itu, apabila akan dilakukan perubahan anggota direksi dan dewan komisaris, maka direksi wajib memberitahukan perubahan data tersebut kepada menteri untuk keperluan pencatatan. Jangka waktu yang diberikan adalah 1 bulan sejak tanggal perubahan.
Hal yang sama berlaku untuk perubahan data PT lainnya, apabila permohonan yang diajukan melebihi 30 hari, maka proses tidak bisa dilanjutkan.
2. Pengajuan Berkas
Pengajuan berkas bisa dilakukan secara offline ataupun online melalui sebuah Sistem Administasi Badan Hukum. Pemohon perlu mengisi format perubahan, disertai unggah berkas pendukung yang dipersyaratkan.
Persyaratan yang kami cantumkan di bagian atas merupakan salah satu syarat untuk perubahan anggaran dasar PT. Adapun, untuk perubahan data pemegang saham maka dokumen yang dibutuhkan seperti: nama pemegang saham, jumlah saham, dan akta pemindahan hak atas saham.
Mengurus Data Akta Perubahan PT dan CV Tanpa Pusing, Solusinya Pakai Konsultan!
Seperti yang sudah Anda perhatikan, alur pengurusan akta perubahan cukup rumit.
Banyak yang perlu disiapkan, meminta bantuan dari staff dan tim internal belum tentu mampu menyelesaikan masalah karena hanya satu atau dua orang saja yang memahami pengurusan seperti ini.
Konsultan di sisi lain mampu memberikan solusi dan kemudahan. Anda bisa tetap tenang mengurusi bisnis, semua kebutuhan perubahan akta perusahaan akan dikerjakan oleh tim yang kompeten di bidangnya.
Terlebih lagi di Kreasi Mandiri, kami mampu memberikan kualitas layanan yang lebih baik.
- Melayani seluruh daerah di Indonesia, layanan perubahan akta badan usaha bisa digunakan di seluruh tempat, tidak hanya Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.
- Biaya yang murah, layanan profesional tidak membutuhkan biaya yang mahal. Kami siap memberikan tarif jasa kompetitif untuk menyelesaikan masalah Anda
- Proses yang cepat,konsultan akan memproses data perubahan yang Anda inginkan dengan segera. Tidak ada penundaan, kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik
Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi kami melalui informasi kontak yang tersedia, sekian dan terima kasih semoga informasi ini bisa bermanfaat.
Layanan terbaru lainnya dari Kreasi Mandiri adalah jasa laporan audit keuangan, kami akan terus memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan perusahaan Anda.