Begini Caranya Pengurusan NIB Dengan OSS

Membuat NIB atau nomor induk berusaha, begitu dibutuhkan untuk perusahaan. Kepemilikan NIB dapat menjadi solusi karena Anda tak perlu lagi mengurus surat perizinan lain sepertti SIUP, TDP, izin import dan lainnya. Dengan begitu, secara tidak langsung maka akan mempermudah dan menghemat waktu dalam pembuatan izin usaha yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Apa itu NIB?

NIB (Nomor Induk Berusaha) adalah izin baru yang dibuat oleh Presiden Jokowi berdasarkan Perpres 91/2017 tentang Percepatan Berusaha

Pengurusan NIB Melalui Sistem OSS

Untuk memperoleh NIB atau nomor induk berusaha, Anda tak perlu mengurusnya di kantor NIB. Namun Anda bisa mengurusnya melalui OSS (Online Single Submission). Anda perlu ketahui bahwa OSS atau online single submission adalah platform perizinan terpadu uang yang diterbitkan oleh lembaga OSS sesuai dengan ketentuan PP 24/2018. OSS tersebut diterbitkan secara terpusat dengan sistem elektronik yang Anda bisa mendownloadnya dengan mudah.

Baca juga : Tata Cara Pengurusan SIUP

Keuntungan Memiliki NIB Untuk Perusahaan

Bila perusahaan memutuskan untuk memiliki NIB, maka perusahaan akan memperoleh banyak manfaat. Beberapa keuntungan yang didapatkan perusahaan bila mengurus NIB diantaranya :

  1. Izin kamu sudah berlaku selamanya
  2. Proses sudah online
  3. Tidak perlu repot untuk antri
  4. Dokumen yang akan dimiliki diantaranya BPJS Kesehatan & Ketenagakerjaan, SIUP / Izin Industri / Izin Lainnya, TDP, API dan NIK

Kekurangan Menggunakan OSS

Ini adalah kekurangan apabila Anda mengurus OSS :

  1. Membingungkan – ada SIUP Jakarta dan ada Izin Usaha (biasa)
  2. Status KSWP, harus di cek ke kantor pajak
  3. Tidak ada informasi jelas mengenai status berlaku efektif dan belum berlaku efektif
  4. Tarik ulur perizinan antara OSS dengan perizinan di tingkat daerah
  5. Versi 1.1 yang tidak kunjung di rilis sejak Juli 2019 (saat ini sudah Desember 2019)

Tata Cara Mendapatkan Nomor Induk Berusaha

Anda mungkin saja dapat mengurus kebutuhan NIB sendiri. Tapi jika Anda merasa mengurus NIB ini membutuhkan waktu dan pengetahuan, maka Anda bisa menggunakan jasa pengurusan NIB dengan OSS. Meskipun demikian, and juga perlu ketahui setidaknya alur atau prsedur pengurusan NIB. Berikut tahapan pengurusan NIB :

  • Pengurusan Badan Usaha

Sebelumnya, pastikan Anda membuat badan usaha. Pengurusan badan usaha ini dapat diurus ke notaris terdekat atau yang bertanggung jawab di wilayah tempat usaha Anda. Jenis badan usaha tersebut dapat dibuktikan dengan akta pendirian perusahaan.

  • Menggunakan Sistem Online Single Submission

Langkah selanjutnya bisa dilakukan dengan OSS. Anda terlebi dahulu harus mendaftar di OSS dan mengiris semua ketentuan yang dibutuhkan.

  • OSS Meregistrasi Pengajuan Anda

Kemudian Anda bisa melakukan registrasi secara online. Pastikan akta pendirian perusahaan tersebut sudah disahkan oleh notaris. Nomor akta yang sudah mendapatkan pengesahan akan muncul di sistem OSS. Anda bisa login dengan memasukkan NIK atau paspor. NIK atau passport ini akan membantu Anda untuk dapatkan password.

Jika sudah masuk situs OSS, Anda bisa lakukan pendaftaran dan ikuti petunjuk dari web tersebut. Nantinya Anda akan menemukan nomor Akta yang telah mendapatkan pengesahan tadi. Anda kemudian memilih nomor akta tersebut, setelah itu Anda diwajibkan untuk mengisi data-data seperti data pribadi dan data perusahaan. Beberapa data yang dibutuhkan diantaranya :

  1. Data Badan Usaha Perusahaan
  2. Data Pemegang Saham
  3. Data Nilai Investigasi
  4. Data BPJS Ketenagakerjaan
  5. Data BPJS Kesehatan
  • Menunggu Notifikasi Intensif

Begitu selesai mendaftar, selanjutnya Anda perlu menunggu untuk mendapatkan notifikasi intensif dari sistem OSS. Notifikasi ini menunjukkan apakah perusahaan Anda masuk ke dalam kriteria yang sesuai dengan undang-undang atau tidak.

  • Melakukan Operasional Usaha

Setelah selesai dengan proses tersebut maka Anda bisa mendapatkan NIB. Ini berarti bahwa perusahaan Anda telah terdaftar dan Anda bisa melakukan kegiatan usaha atau bisnis dengan tenang.

Tahapan tersebut memang terlihat mudah, namun akan sangat menyulitkan apabila Anda tidak mengetahui jalur pengurusannya. Untuk itu langkah tepat bila Anda mengurus NIB dengan jasa pengurusan NIB professional di bidangnya. Selain lebih cepat, Anda juga akan lebih menghemat biaya, waktu dan tenaga.

Artikel terkait : Biaya Pembuatan Nomor Induk Berusaha

Rekomendasi Jasa Pembuatan NIB ( Nomor Induk Berusaha) Terbaik

Jika Anda membutuhkan NIB untuk keperluan perusahaan Anda, kini Anda tak perlu bingung mengurusnya. Karena ada Kami Adhikari Kreasi Mandiri sebagai solusi untuk pengurusan NIB untuk perusahaan Anda. Kami siap membantu Anda untuk mengurus NIB dengan harga terbaik. Pastinya Kami didukung dengan tim professional yang memiliki jam terbang tinggi. Sehingga dalam pengurusannya dapat dilakukan dengan cepat untuk memastikan bahwa NIB dapat dimiliki perusahaan Anda dalam waktu yang ditentukan.

Untuk itu, jangan ragukan untuk menghubungi nomor Kami. Konsultasi bisa dilakukan dengan mudah dan pastinya gratis. Hubungi Kami sekarang juga !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.