Wajib Tahu ! Spesifikasi Perbedaan TDP dan NIB Perusahaan

Setiap perusahaan di Indonesia wajib untuk memiliki ijin usaha sebagai bukti bahwa perusahaa tersebut adalah perusahaan legal. Jenis ijin usaha sangat beragam, diantaranya adalah NIB dan TDP. Terlihat sama, namun pada kenyataannya keduanya memiliki spesifikasi masing-masing. Keduanya sama-sama penting. Namun dengan peraturan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui OSS, kini NIB lebih memiliki peranan yang penting karena multifungsi dalam legalitas perusahaan Anda.

Apapun perusahaan Anda yang telah Anda kembangkan, sudah seharusnya Anda melakukan pengurusan ijin usaha. Apalagi kini negara melalui tatanan birokrasinya memfasilitasi masyarakat yang akan melegalkan aktivitas usahanya melalui OSS. Sehingga tentunya pengurusan ijin usaha akan lebih mudah. Misalnya saja NIB yang kini gencar dibicarakan dan keberadaanya sangat diperhitungkan. Lalu bagaimana dengan TDP yang justru keberadaannya digantikan oleh NIB?

Mengenal NIB Dan TDP Terlebih Dahulu

Mungkin banyak yang  belum tahu apa itu NIB yang sebenarnya. NIB sendiri merupakan nomor induk berusaha yang didefinisikan sebagai identitas pelau usaha yang diterbitkan oleh OSS. Sedangkan TDP adalah daftar catatan resmi yang diadakan menurut ketentuan undang-undang atau peraturan pelaksanaannya dan memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan yang kemudian disahkan oleh pejabat yang berwenang.

Perbedaan NIB dan TDP

Mungkin banyak yang bertanya mengenai perbedaan antara NIB dan TDP.  Perlu Anda ketahui, diantaranya keduanya terdapat perbedaan.

  1. Perbedaan yang paling mendasar adalah jangka waktu penggunaan legalitas tersebut.
  • NIB berlaku selama usaha atau kegiatannya sesuai dengan peraturan yang berlaku dengan undang-undang.
  • TDP berlaku dalam jangka waktu 5 tahun terhitung mulai tanggal diterbitkan dan wajib diperbaharui maksimal 3 bulan sebelum masa berlaku berakhir.
  1. Perbedaan kedua yaitu :
  • NIB diterbitkan oleh lembaga OSS
  • TDP diterbitkan oleh instansi yang berwenang yakni melalui JakEvo dan dapat berbarengan dengan SIUP.
  1. Perbedaan ketiga yaitu Syarat terbitnya masing-masing legalitas berbeda :
  • TDP memerlukan Akta Pendirian, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU), NPWP Perusahaan dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dalam proses submitnya.
  • NIB hanya memerlukan Akta Pendirian, SK Kemenkumham dan NPWP Perusahaan.
  1. Perbedaan Keempat dari bentuknya :
  • TDP dicetak pada blangko berwarna dengan rincian nomor TDP, masa berlaku, identitas perusahaan seperti
  • NIB rincian identitas meliputi nama, alamat, nomor NPWP, nomor telepon dan fax, email dan status penanaman modal. nama, alamat, status kantor dan nomor telepon kantor, dan yang terpenting adalah satu kegiatan usaha utama dari perusahaan.

Dari keterangan diatas, jelas sekali bahwa NIB menyuguhkan banyak keunggulan dan kemudahan. Apalagi didalam lembarannya merupakan bukti penanaman modal sekaligus pengesahan TDP. Sehingga pelaku usaha yang telah mendapatkan NIB sekaligus terdaftar sebagai peserta jaminan sosial kesehatan dan jaminan sosial ketenagakerjaan. Disamping itu, bila perusahaan Anda bergerak di bidang eksport dan import, maka NIB dapat berfungsi pula sebagai API dan hak akses kepabeanan.

Lalu, sudahkah Anda memiliki NIB hari ini? Jika belum, gunakan jasa pengurusan NIB dari Kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.