Wajib Tahu Tentang SIUJK Online Sebelum Anda Mengurusnya

Saat ini pelaku usaha yang memiliki usaha bergerak di bidang konstruksi memang diwajibkan untuk memiliki SIUJK. Tapi ternyata, tidak semua orang tahu mengenai apa itu SIUJK dan alasan mengapa pengusaha perlu memilikinya. Bagi Anda yang bergerak di bidang konstruksi, sebelum Anda mengurus SIUJK ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu mengenai SIUJK.

Ya, SIUJK merupakan singkatan dari Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi, surat ijin ini merupakan sebuah ijin usaha yang Pemerintah daerah keluarkan kepada perusahaan guna melaksanakan usaha konstruksi. Bila dulu Anda mengurusnya perlu mendatangi langsung kantor, saat ini sudah tersedia SIUJK online yang bisa Anda pahami.

Baca juga : Fungsi SBU untuk perusahaan

Apa Saja Syarat SIUJK Online?

Anda perlu tahu bahwa SIUJK merupakan surat ijin dan apabila Anda memilikinya maka usaha Anda dapat melakukan berbagai macam kegiatan usaha. Baik itu perencana konstruksi maupun konsultan, pengawas konstruksi, pelaksana konstruksi atau kontraktor dan sebagainya yang berhubungan dengan konstruksi. Tidak semua bidang usaha wajib memiliki surat ijin ini, akan tetapi anya mereka yang bergerak di bidang sipil, telekomunikasi, konsultan, mekanikal, tata lingkungan, arsitektur dan sebagainya yang mirip dengan itu.

Untuk mendapatkan SIUJK ini, Anda tidak bisa langsung mendapatkannya. Sebab Anda perlu memenangkan waktu pelelangan di babak pertama bahkan Anda juga harus lulus dalam administrasi di dalam perusahaan yang bersertifikat. Kemudian juga perusahaan yang juga tercantum di dalam LPJK. Intinya untk memperolehnya lebih rumit dibandingkan dengan pengurusan surat ijin yang lainnya.

Pengurusan secara online Anda cukup masuk ke dalam website LPJK resmi yang terdapat di dalam wilayah domisili Anda. Bila pengurusan secara offline Anda perlu membawa persyaratan terlebih dahulu, maka untuk pengurusan sistem online ini Anda perlu mengisi apa yang penting di dalam kolom namun ada inti syarat yang harus dimiliki.

Syarat Pengurusan SIUJK Online

Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk pengurusan SIUJK online ini adalah:

  1. Pertama Anda perlu memiliki sertifikat lisensi yang membuktikan bahwa Anda merupakan tenaga ahli dalam konstruksi
  2. Kedua Anda diwajibkan untuk memiliki SBU atau Sertifikasi Badan Usaha.
  3. Anda harus memenuhi berbagai dokumen yaitu :
  • SBU atau Sertifikat Badan usaha yang asli
  • KTA asosiasi yang asli
  • SKA atau sertifikat tenaga ahli yang asli. Fotokopi TDP perusahaan
  • Foto kopi SIUP
  • Foto copy NPWP Perusahaan
  • Fotokopi domisili usaha
  • Foto kopi akta notaris
  • Fotokopi KTP para direktur yang terkait
  • Foto copy surat domisili usaha

Disamping itu, Anda juga perlu menentukan besaran proyek yang nantinya akan Anda lakukan. Misalnya apakah proyek Anda termasuk proyek berskala kecil dengan skala biaya dibawah 500 juta, atau skala menenangah yang berkisar antara Rp 500 juta dan Rp 10 miliar atau proyek dengan skala yang besar bernilai diatas Rp 10 miliar.

Baca dulu : Prosedur mendaftakan surat ijin usaha asing

Bila hal tersebut sudah terpenuhi, nantinya pihak LPJK akan melakukan kualifikasi pada perusahaan Anda dan juga memasukkan kategori. Adapun kategorinya yaitu :

  1. K1 adalah proyek yang kecil 1,
  2. K2 untuk proyek yang kecil 3
  3. K3 untuk proyek kecil 3
  4. Hingga yang besar sebelum akhirnya mengurus yang lainnya.

Layanan Pengurusan SIUJK Online

Buat Anda yang masih bingung bagaimana mengurus SIUJK secara online, Anda tak perlu bingung karena kini sudah ada Kami Kreasi Mandiri. Kami adalah penyedia layanan pengurusan SIUJK yang professional dan berpengalaman. Hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.