Jasa Pengurusan SKK Profesional Berpengalaman

Sertifikat Kompetensi (SKT) dan Sertifikat Keahlian (SKA) digabung menjadi satu sebagai SKK (Sertifikat Kompetensi Kerja) untuk memberikan kemudahan dan efisiensi sehingga prosesnya juga lebih mudah bagi tenaga kerja untuk memenuhi kompetensi mereka sebagai tenaga ahli.

Pemerintah akhir-akhir ini sering melakukan pengubahan terhadap sistem, sebagai tenaga profesional sudah semestinya Anda terus mengikuti regulasi yang ada sehingga bisa terus memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh pemilik proyek.

Kami akan bahas tuntas mengenai SKK, persyaratannya, hingga contoh sertifikatnya sebagai gambaran dan referensi sebelum Anda meminta jasa pembuatan SKK untuk mempermudah semuanya. Tanpa berlama-lama langsung saja simak informasi berikut.

Apa Itu SKK?

SKK mempunyai peran yang sama dengan SKA dan SKT yakni untuk SKK adalah sertifikat keterampilan sekaligus keahlian yang digunakan sebagai bukti bahwa tenaga kerja telah memenuhi kriteria sebagai tenaga konstruksi yang mampu menjalankan proyek dengan baik sesuai bidangnya. Tidak peduli seahli apapun Anda di bidang konstruksi, apabila tidak mengurus SKK maka keahlian Anda masih diragukan.

SKK seringkali dijadikan sebagai persyaratan saat perusahaan menerima proyek besar seperti tender, pembangunan gedung tinggi, proyek BUMN,dan swasta dengan pengalokasian budget milyaran rupiah. Karena bidang kerja ini tergolong risikonya sangat tinggi maka tenaga kerja yang dikerahkan juga harus ahli supaya proses pengerjaan dari nol sampai selesai bisa berjalan dengan lancar.

Aturan pengurusan SKK sesuai dengan Surat Edaran No. 02/SE/M/2020 tentang perubahan atas Surat Edaran Menteri PUPR No.30/SE/M 2020 tentang Transisi Layanan Sertifikasi Badan Usaha & Sertifikasi Kompetensi Kerja Jasa Konstruksi.

Menurut regulasi yang ada SKK mempunyai masa berlaku 5 tahun, bisa diperpanjang dengan masa berlaku yang sama.

Tenaga Kerja Konstruksi yang Membutuhkan SKK

Tidak semua posisi atau jabatan tenaga kerja dipersyaratkan untuk mengurus Sertifikat Kompetensi Kerja. Menurut aturan dari LPJK berikut ini beberapa posisi yang perlu mengurus SKK

  • Penanggung Jawab Badan Usaha (PJBU)
  • Penanggung Jawab Teknis Badan Usaha (PJTBU)
  • Penanggung Jawab Sub Klasifikasi Badan Usaha (PJSKBU)

Persyaratan Untuk Mengurus SKK yang Perlu Anda Ketahui

Perlu dicatat bahwa pengurusan SKK dapat dilakukan melalui Lembaga Sertifikasi Profesi bidang konstruksi yang sudah terakreditasi oleh LPJK atau BNSP.

Setelah memahami informasi mendasar berkaitan dengan SKK selanjutnya adalah membahas apa saja dokumen persyaratan yang perlu disiapkan jika ingin mengurus sertifikat yang satu ini. Siapkan kertas atau catatan di HP supaya tidak lupa.

  1. KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  2. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  3. Ijazah Terakhir S1 (Jurusan Teknik)
  4. Pas Foto
  5. Daftar Riwayat Hidup
  6. Nomor Telp Aktif
  7. Surat Rekomendasi dari Perusahaan
  8. Mengisi Form Penilaian Mandiri

Baik, semua dasar-dasar mengenai SKK sudah Anda pahami, selanjutnya adalah membicarakan layanan jasa pengurusan SKK yang tepat dan cukup kredibel untuk membantu Anda dalam memproses permohonan menerbitkan sertifikat SKK.

Jasa Pembuatan SKK Bersama Konsultan Terbaik

PT Adhikari Kreasimandiri menyediakan jasa pengurusan SKK untuk para tenaga kerja di bidang konstruksi. Memenuhi persyaratan project merupakan kewajiban bagi tenaga ahli sehingga mereka bisa bekerja dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dengan adanya kepemilikan SKK maka tenaga profesional tersebut dinilai mampu untuk mengerjakan tugas-tugas yang telah ditetapkan. Membutuhkan proses yang panjang namun dengan bantuan konsultan SKK prosedur yang Anda lakukan menjadi lebih mudah.

Cukup lengkapi persyaratan yang telah ditentukan oleh penyedia jasa, untuk detail pengisian formulir mandiri dan lain sebagainya juga akan dibantu oleh jasa pengurusan SKK dari tim Kreasimandiri.

Selama lebih dari 8 tahun, perusahaan kami telah menerbitkan banyak sertifikat yang berkaitan dengan pembuktian keterampilan tenaga kerja dan kompetensi perusahaan. Layanan lainnya yang juga kami berikan adalah jasa pengurusan sbu konstruksi diperuntungkan bagi perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan dan rancangan konstruksi.

Apakah Perlu Datang Ke Kantor Untuk Registrasi SKK?

Konsultan kami bekerja secara online, pengurusan SKK yang Anda butuhkan akan kami melalui proses jarak jauh, sehingga Anda tidak perlu pergi ke kantor manapun. Cukup lengkapi dokumen yang dibutuhkan kirimkan via email, adapun untuk waktu pengurusannya bervariasi lebih kurang 7-14 hari Anda tidak perlu khawatir kami akan informasikan perkembangan pengurusan SKK secara online dari waktu ke waktu.

Adapun untuk klasifikasi kerja nanti bisa kami bantu untuk menentukan jenjang dan keperluan lainnya. Konsultasikan langsung bersama tenaga konsultan kami, dengan demikian Anda tidak perlu khawatir salah mengurus klasifikasi SKK, kami akan pastikan semua data sinkron sehingga SKK yang terbit valid dan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

SKK berbeda dengan Serkom, apabila Anda juga ingin mengurus sertifikat kompetensi untuk ketenagalistrikan maka silahkan cek layanan jasa pengurusan serkom yang juga tersedia di Kreasimandiri.

Lakukan konsultasi gratis hari ini bersama tim Kreasimandiri untuk mendapatkan kemudahan dan pembuatan SKK proses cepat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *