Jasa Pengurusan SNI Proses Cepat Berpengalaman

SNI (Standar Nasional Indonesia) merupakan standar yang berfungsi untuk mengetahui kelayakan atau kualitas suatu produk atau hal tertentu yang ada di Indonesia.

Proses penyusunannya memenuhi WTO Good of Practice yang memuat poin keterbukaan, transparansi, konsensus tidak memihak, efektivitas, koheren, dan berdimensi pembangunan.

Jasa Pengurusan SNI Proses Cepat Berpengalaman

Tidak hanya sekadar produk, melainkan struktur bangunan, fasilitas seperti kolam renang juga ada SNI-nya untuk memberikan jaminan keselamatan dan kenyamanan bagi para penggunanya.

Pemilik bisnis dari berbagai sektor sudah sering diingatkan bahwa keberadaan SNI merupakan hal yang sangat penting. Secara tidak langsung ini bisa berpengaruh terhadap kredibilitas usaha yang Anda jalankan. Produk yang sudah berlabel SNI cenderung lebih banyak dipilih karena jaminan keamanannya jelas.

Namun, bagaimana cara mengurus SNI?

Kami akan menjelaskan tahapan pengurusan SNI lengkap dengan dokumen yang Anda butuhkan. Di bagian akhir akan dijelaskan juga solusi pengurusan SNI yang lebih cepat. Jadi pastikan Anda membaca informasi ini sampai selesai.

Syarat Mengurus SNI Terbaru

Sebelum memutuskan untuk urus SNI ada baiknya untuk tahu terlebih dahulu persyaratan dokumen dan administratif yang Anda butuhkan. Berikut ini beberapa dokumen yang diperlukan untuk mempersiapkan Standar Nasional Indonesia.

1. Fotokopi akta pendirian usaha

2. NIB

3. Fotokopi NPWP

4. Sertifikasi merek yang diterbitkan Dijen HAKI

5. Bagan organisasi

6. Surat permohonan SPPT SNI

Selain dokumen di atas, Anda juga perlu menyiapkan beberapa informasi lainnya untuk mempermudah proses uji dan pengecekan kelayakan. Berikut beberapa berkas yang juga harus dicantumkan:

1. Diagram alir proses produksi/pembuatan

2. Pedoman yang telah disahkan

3. Melengkapi daftar peralatan produksi utama

4. Mencantumkan bahan baku utama serta daftar pendukung produksi

Perlu Anda catat bahwa persyaratan di atas bisa berubah-ubah menyesuaikan kebijakan dari pemerintah. Adanya perubahan regulasi perlu diperhatikan supaya pengurusan SNI juga lebih lancar.

Alur Pengurusan SNI yang Perlu Anda Ketahui

Setelah mengetahui dokumen dan syarat administratif yang berkaitan dengan SNI, berikut ini langkah-langkah pengurusan standar tersebut menurut informasi dari BSN (Badan Strandardisasi Nasional):

1. Mengisi Data Pada Form Permohonan SPPT SNI

Pertama pemilik usaha perlu mengisi sejumlah formulir SPPT SNI (Sertifikat Produk Penggunaan Tanda SNI)yang menjadi syarat pembuatan label SNI. Isi dari formulirnya bisa berbeda-beda tergantung apakah produk tersebut diproduksi di Indonesia atau hasil import.

  • Apabila produknya berasal dari negara lain maka dibutuhkan sertifikat LSSM negeri asal produk yang sudah ada pengakuan dari KAN.
  • Anda juga perlu melampirkan fotokopi sistem manajemen mutu ISO 9001 terbaru yang dilegalisasi. Dokumen ini dapat diperoleh dari LSSM (Lembaga Sertifikasi Manajemen Mutu) akreditasi dari KAN.

2. Proses Verifikasi Data

Setelah dokumen diajukan oleh pemohon, maka proses verifikasi akan dilakukan. Lembaga yang berwenang untuk memverifikasi berkas adalah LSPro-Pustan. Estimasi waktu yang dibutuhkan pada tahap ini adalah 1 hari.

Apabila semua berkas sudah dicek dan permohonan sukses, maka Anda akan memperoleh informasi terkait biaya yang perlu dibayarkan.

Baca juga: 5 Hal Penting Pada Saat Proses Pengurusan OSS RBA

3. Audit Sistem Manajemen Mutu Dari Perusahaan

Lembaga terkait akan melakukan pengecekan untuk memastikan bahwa penerapan sistem manajemen mutu sudah tepat. Tidak hanya itu, melainkan berkas-berkas Anda akan kembali dicek juga.

Apabila setelah proses pengecekan ada kekurangan data, maka pihak pemohon perlu melakukan koreksi dan penyesuaian estimasi yang diberikan yakni 2 bulan.

4. Mengetes Sampel Produk Di Lab

Apabila Anda hendak mengurus SNI untuk produk atau barang tertentu,maka harus menyiapkan sampel yang akan diuji kepada tim LSPRO-Pustan. Proses uji ini hanya boleh dilakukan oleh lembaga terakreditasi di laboratorium khusus.

Adapun pengecekannya menyesuaikan dengan produk, pada mainan anak-anak tesnya bisa berupa pengecekan kandungan bahan kimia sedangkan untuk seperti helm pengujian banting diperlukan untuk memastikan produk tersebut aman dan bisa melindungi pengendara.

5. Menilai Sampel Produk

Setelah pengujian sampel sudah selesai, maka tahap berikutnya adalah membuat penilaian sampel produk. Hasil riset inilah yang akan berfungsi sebagai landasan lulus atau tidaknya proses pengajuan SNI. Jika ditemukan adanya kekurangan maka pengetesan ulang dapat dilakukan. Namun, apabila sudah beberapa kali diuji tetap tidak memenuhi kriteria, maka permohonan SNI akan ditolak.

6. Membuat Keputusan Sertifikasi

Pihak penguji akan melakukan rapat untuk membahas mengenai keputusan sertifikasi produk yang diajukan oleh pemohon. Proses ini berlangsung setidaknya 1 hari.

7. SPPT SNI Bisa Diterbitkan

Setelah pengujian selesai, hasil uji lab sudah menunjukan angka sesuai dengan yang ditentukan maka SPPT SNI milik pemohon bisa diterbitkan.

Jasa Pengurusan SNI Terpercaya Dibantu Sampai Beres

Bingung  memikirkan persyaratan ini dan itu? Anda bisa menggunakan jasa pengurusan SNI sebagai alternatifnya. Kreasimandiri.co.id menyediakan layanan pembuatan Standar Nasional Indonesia, kami akan membantu pengurusan dokumen tersebut sampai tuntas.

Konsultan kami akan siap membantu untuk pengecekan dokumen dan persyaratan-persyaratan yang sudah ditentukan.

Dengan mengurus SNI, maka Anda bisa memperoleh manfaat sebagai berikut:

1. Melindungi konsumen, membuat Anda dipercaya oleh masyarakat sebagai produsen yang mempunyai tanggungjawab. Sehingga mereka akan lebih percaya kepada perusahaan Anda

2. Meningkatkan kualitas produk, karena SNI memberikan bukti konkret bahwa barang yang Anda jual mempunyai kualitas bagus dan sudah teruji

3. Meningkatkan penjualan, jika masyarakat sudah percaya maka tidak perlu ragu dengan persoalan profit. Dengan sendirinya keuntungan akan Anda peroleh.

Membutuhkan dokumen lain?

Selain melayani permohonan SNI, kami juga menyediakan Jasa Pengurusan Sertifikat Standar yang dipersyaratkan untuk usaha mikro ke atas sebagai bukti legalitas bisnis.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai jasa pengurusan SNI, silahkan hubungi tim Kreasimandiri, kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *