Mengenal Aturan Nomor Induk Berusaha untuk Berbisnis

Dalam berbisnis, siapapun harus mengetahui aturan apa yang berlaku demi kemajuan bisnis yang sedang dikembangkan. Misalnya saja untuk urusan ijin usaha yang menjadi syarat apakah bisnis tersebut resmi atau tidak. Bila perusahaan telah memiliki ijin usaha yang benar, itu tandanya perusahaan tersebut benar memenuhi aturan yang berlaku. Khusus untuk Nomor Induk Berusaha, di saat sekarang Nomor Induk Berusaha wajib untuk dimiliki.

Meskipun tidak adanya nomor induk berusaha tidak memberikan sanksi kepada pelaku usaha, namun keberadaannya ternyata memberikan banyak kemudahan. Ya, pelaku usaha yang sudah memiliki Nomor Induk Berusaha tidak perlu lagi mengurus Tanda Daftar Perusahaan atau TDP. Karena hal tersebut sudah terintegrasi didalam satu izin yang disebut dengan Nomor Induk Berusaha.

Baca : Ini perbedaan TDP dan NIB

Apa itu NIB?

Semenjak Presiden mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017 mengenai percepatan pelaksanaan berusaha. Seperti yang tertera di dalam pasal 31 ayat 1 Peraturan Presiden tersebut. Maka seluruh perizinan beruaha yang menjadi kewenangan menteri atau kepala lembaga, baik itu gubernur dan bupati/walikota wajib dilakukan melalui Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

Adapun pengertian dari NIB itu sendiri sebagaimana yang tertera di pasal Pasal 1 angka 12 Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 mengenai Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Merupakan identitas Pelaku Usaha yang diterbitkan oleh lembaga One Single Submission (OSS) setelah pelaku usaha melakukan pendaftaran.

Sedangkan menurut pasal 24 ayat (1) PP Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. OSS menerbitkan NIB setelah pelaku usaha tersebut melakukan pendaftaran melalui pengisian data sebagaimana dimaksud dalam Pasal 22 secara lengkap dan mendapatkan NPWP sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23.

Kemudian, seperti yang tertera di Pasal 26 PP Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Fungsi NIB dinyatakan dalam pasal 24 memiliki fungsi lainnya sebagai :

  1. TDP yakni sebagaimana yang dimaksud didalam peraturan perundang-undangan di bidang tanda daftar perusahaan;
  2. API sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan di  bidang perdagangan; dan
  3. Hak akses kepabeanan sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan di bidang kepabeanan.

Baca dulu : Tahapan Pembuatan NIB

Pentingnya Memiliki NIB Untuk Berbisnis

Fungsi memiliki NIB jelas terdapat didalam undang-undang. Berbagai kemudahan ini tentu saja akan dirasakna oleh perusahaan manakala sudah memiliki NIB. Namun bila perusahaan atau pelaku bisnis tak memiliki NIB jelas saja kemudahan tersebut tak bisa Anda dapatkan. Yang ada, justru Anda akan disulitkan karena harus mengurus berbagai ijin usaha yang lebih mahal biaya dan waktunya.

Maka dari itu, tidak ada alasan lagi bagi pelaku bisnis untuk tidak memiliki NIB. Memiliki NIB akan memberikan banyak keuntungan kepada Anda, dan untuk memiliki NIB maka Anda perlu mengurusnya. Cara untuk mengurus kepemilikan NIB agar lebih mudah, solusinya adalah dengan menggunakan jasa Kami.

Kami Adhikari Kreasi Mandiri memberi layanan jasa pembuatan NIB untuk Anda yang membutuhkan jasa Kami. Terutama untuk Anda yang berdomisili di wilayah jabodetabek. Mempercayakan kepada Kami akan membantu Anda untuk menghemat lebih banyak waktu, dan tenaga. Serta pastinya biaya yang dibutuhkan. Informasi lebih lanjut segera menghubungi nomor Kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.