Tujuan Kepemilikan SKT Yang Perlu Anda Tahu

Apa sih tujuan memiliki SKT atau sertifikat keterampilan bagi perorangan? Mungkin banyak yang tidak tahu mengenai SKT atau sertifikat keterampilan dan mengapa penting untuk dimiliki. Perlu diketahui, terutama untuk yang bergerak di bidang konstruksi, SKT ini wajib untuk dimiliki. Bukan tanpa alasan, SKT atau sertifikat keterampilan sendiri menjadi salah satu syarat untuk pengurusan SIUJK.

Selain itu, kepemilikan SKT juga dapat menjadi bukti kompetibilitas perusahaan konstruksi. Lalu, apa sih sebenarnya pengertian dari SKT konstruksi?

Pengertian SKT Konstruksi Yang Harus Dipahami

Di jaman serba digital, apapun dapat diterbitkan dalam bentuk digital. Termasuk dalam bentuk elektronik. Termasuk SKT yang dapat dilakukan dalam bentuk elektronik. Penerbitan SKT yang dalam bentuk elektronik tersebut dihasilkan dari aplikasi SIKI atau Sistem Informasi Konstruksi Indonesia yang digunakan oleh LPJK. Meskipun dalam bentuk elektronik, pastinya fungsi yang dimilikinya sama dengan yang tertera di dalam Peraturan Perundang-undangan di Indonesia.

Nah keberadaan dari SKT bagi seseorang ini, dapat dijadikan sebagai bukti kompetensi kepada tenaga terampil. Hingga saat ini terdapat lebih dari 188 sertifikat dari berbagai bidang arsitek, Elektrikal, Mekanikal, Sipil, Tata Lingkungan serta yang lainnya yang telah terbit. Kualifikasi tenaga terampil konstruksi terdiri ini biasanya dari Kelas I, Kelas II, dan Kelas III.

Hal lain yang perlu Anda ketahui, sertifikat keterampilan ini juga dapat digunakan sebagai syarat ketika akan melakukan pengurusan SBU atau sertifikat badan usaha. Disamping itu, biasanya pengurusan sertifikat ini juga dapat di proses di tempat domisili atau berbagai daerah tertentu. Juga SKT dapat digunakan untuk tender dalam suatu proyek bidang konstruksi yang dilakukan. Adanya hal tersebut, maka pastinya akan memudahkan Anda dalam mengurusnya.

Baca : Cara Mengurus SKA SKT Konstruksi

Tujuan Memiliki Sertifikat Keterampilan Kerja (SKT)

Kembali kepada tujuan kepemilikan SKT atau sertifikat keterampilan, memiliki SKT pastinya ada tujuan yang akan dicapai. Nah kepemilikan SKT memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Memenuhi Syarat Undang Undang Jasa Konstruksi

SKT menjadi salah satu sertifikat yang harus dimiliki oleh para tenaga ahli di bidang konstruksi. Hal ini karena sertifikat keterampilan sudah tetcatat pada Peraturan Pemerintah Indonesia, tepatnya pada  UU Jasa Konstruksi No. 18 Tahun 1999. Nah selama Anda menjadi warga negara Indonesia, maka Anda akan dituntut untuk peraturan ini, dan tetap berlaku untuk Anda.

Kepemilikan SKT ini dapat dijadikan sebagai bukti bahwa pertanggungjawaban seorang warga negara terhadap keterampilan yang dimiliki juga dijadika sebagai bukti bahwa warga negara Indonesia tersebut taat pada negara.

  1. Sebagai Bentuk Pertanggung Jawaban Keterampilan pada Masyarakat

Memiliki SKT tidak hanya dijadikan sebagai bukti pertanggungjawaban saja, namun juga dapat dijadikan sebagai bentuk pertanggungjawaban. Terutama terhadap masyarakat untuk memberikan jaminan supaya keahlian dan keterampilan yang dimilikinya tidak diragukan. Dengan memiliki SKT, maka masyarakat akan menjadi lebih percaya bahwa Anda menggeluti bidang yang ahli.

  1. Sebagai Pertanggungjawaban Terhadap Perusahaan

Tujuan memiliki SKT juga dapat dijadikan sebagai bukti pertanggung jawaban terhadap perusahaan. Dalam hal ini, jasa konstruksi juga akan menilai kinerja serta keahlian berdasarkan nilai SKT yang dimilikinya. Hal tersebut dapat menjadi jaminan berjalannya suatu proyek dengan lancar. Maka dari itu, perusahaan harus mewajibkan tenaga ahlinya untuk memiliki SKT.

Nah itulah tujuan yang dimiliki oleh SKT. Untuk itu, segera mengurus SKT dan menggunakan jasa pengurusan SKT di tempat Kami. Informasi lebih lanjut hubungi nomor Kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.